- Web Usability
Web
Usability adalah kemudahan penggunaan situs web. Beberapa tujuan dari web
usability adalah penyajian informasi dan pilihan menu yang jelas dan
ringkas, kurangnya ambiguitas dan penempatan barang-barang penting di daerah yang
tepat. Salah satu elemen penting dari web usability adalah memastikan bahwa
konten bekerja sebagai perangkat dan browser. Hal yang harus
diperhatikan adalah memastikan bahwa website ini cocok untuk segala usia dan
jenis kelamin.
Usability
adalah tingkat kualitas dari sistem
yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan mendorong pengguna untuk menggunakan
sistem sebagai alat bantu positif dalam menyelesaikan tugas. Dalam konteks ini,
yang dimaksud sebagai sistem adalah perangkat lunak. Usability adalah suatu
ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari sebuah sistem
dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu.
Web Usability merupakan cerminan dari kebiasan yang umumnya
dilakukan pengguna
situs.
Menurut Jakob Nielsen, memperhatikan usability sangatlah penting agar sebuah
situs
dapat
bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang yang sangat
besar
untuk
sering dikunjungi oleh para pengguna internet. Pada umumnya pengguna ingin
mendapatkan
informasi secara cepat dan sesuai yang diharapkan. Jika sebuah situs gagal
dalam
menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut,
pengguna
cenderung
akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.
Web usablity merupakan bahasan yang menarik untuk dikaji.
Pernahkah anda masuk ke
sebuah
website lalu anda bingung harus berbuat apa? Hal tersebut adalah user
experience dari
web
usability. Web usability merujuk kepada seberapa cepat seseorang belajar untuk
menggunakan
sesuatu, seberapa efisien penggunaannya, seberapa lama dapat diingat, berapa
kesalahan
yang dilakukan, dan berapa lama seseorang suka untuk menggunakannya (Jakob
Nielsen
,Prioritizing Web Usability).
Cara
mengukur Usability
Secara
umum cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan
bergantung
pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut Jakob
Nielsen
terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur
usability,
yakni:
a.
Learnability
Learnability
menjelaskan tingkat kemudahan
pengguna untuk memenuhi task-task
dasar
ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b.
Efficiency
Efficiency
menjelaskan tingkat kecepatan
pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah
mereka
mempelajari hasil perancangan.
c.
Memorability
Memorability
menjelaskan tingkat kemudahan
pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak
menggunakannya.
d.
Errors
Errors
menjelaskan jumlah error yang
dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan
terhadap
error dan cara memperbaiki error.
e.
Satisfaction
Satisfaction
menjelaskan tingkat kepuasan
pengguna dalam menggunakan rancangan.
Tujuan
utama Usability :
Efektif
pada saat digunakan
Efisien
pada saat digunakan
Aman
saat menggunakannya
Punya
utility yang tinggi
Mudah
untuk dipelajari bagi user saat pertama kali menggunakannya
Mudah
diingat cara menggunakannya
Sebuah
web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya.
Berikut ini
adalah
beberapa kondisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web :
Web
sulit digunakan dan ribet saat menggunakannya.
Homepage
tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang
dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
Pengguna
mendapatkan adanya kesalahan pada web meskipun kesalahan tersebut kecil.
Informasi
web sulit dibaca maupun sulit dimengerti dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan
pengguna.
Web
User Experience
Web User Experience (UX) adalah bagaimana seseorang merasa ketika berinteraksi
dengan sistem. Sistem ini bisa menjadi sebuah website, aplikasi web atau
desktop perangkat lunak dan, dalam konteks modern, umumnya dilambangkan dengan beberapa
bentuk human-computer
interaction (HCI).
User
Experience merupakan pendekatan yang
menempatkan pengguna, bukan
sistem, di tengah proses penggabungan user concerns dan advokasi dari awal proses
desain dan menentukan kebutuhan pengguna yang harus diutamakan dalam keputusan desain apapun.
User experience team :
•
Business lead
•
UE lead
•
Business analyst
•
User researcher
•
UE designer
–
Information architect,
interaction designer, user interface designer
•
Visual / graphic designer
•
UE evaluator
•
Content specialists
(editors, writers, …)
•
Developers
“Principles” of user experience
:
1. Jangan melawan biologi
2. memahami perilaku
3. Hal ini tidak seperti baru seperti yang Anda pikirkan
4. Anda tidak khusus seperti yang Anda pikirkan
5. Berencana untuk
mendapatkan salah beberapa kali
6. Ini harus dapat digunakan
dan menyenangkan
7. Nilai
8. Berpikir di luar
kotak
0 komentar:
Posting Komentar